TES MASUK UGM

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di UGM

  1. Jalur SNMPTN
    SNMPTN kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan serentak di seluruh PTN di Indonesia termasuk di UGM. Jalur ini bisa dipilih oleh kamu yang sejak kelas X SMA sudah masuk peringkat 1 di kelas. Selain itu perlu memiliki prestasi akademik, sehingga bisa masuk tanpa tes namun saingannya tentu tetap tidak sedikit.
  2. Jalur SBMPTN
    Jalur kedua adalah SBMPTN yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. UGM masuk ke dalam jajaran universitas negeri yang membuka jalur SBMPTN di Indonesia. Jalur ini memang melewati tes dan yang menentukan kamu lolos tidaknya menjadi mahasiswa disini tentu hasil tes tersebut.
  3. Jalur Ujian Tulis UGM
    Pilihan jalur pendaftaran lainnya adalah melalui Ujian Tulis UGM yang merupakan kombinasi antara hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK dan juga nilai dari Ujian Tulis atau UTUL yang diadakan oleh UGM.

 

TES MASUK UNIBRAW

Jalur pendaftaran mahasiswa baru di UB sama seperti di PTN lain di Indonesia, yakni terdapat tiga jalur. Berikut detail tata cara pendaftaran di masing-masing jalur tersebut:
  1. SNMPTN
    Jalur pertama adalah lewat SNMPTN yang bisa dituju untuk kamu yang memiliki prestasi akademik dan portofolio yang bagus selama SMA atau yang sederajat. Pendaftarannya online dan bisa dilakukan di website resmi UB.
  2. SBMPTN
    Jalur kedua adalah SBMPTN yang dilakukan serentak di seluruh PTN di Indonesia, dan mengkombinasikan hasil tes berbasis komputer dengan tes Potensi Skolastik. Jalur ini bisa dijadikan alternatif jika kurang beruntung di jalur SNMPTN.
  3. KIP Kuliah
    Jalur berikutnya adalah KIP Kuliah yakni Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang merupakan program beasiswa. Beasiswa ini dari pemerintah dan ditujukan kepada mahasiswa kurang mampu yang ingin kuliah.
  4. SPMK UB
    Jalur lainnya adalah SPMK UB, yakni jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui tes atau ujian tertulis. Jika kamu baru lulus dan maksimal lulus lima tahun yang lalu maka bisa mendaftar lewat jalur ini.
  5. SPKPD UB
    SPKPD adalah Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas dan sesuai kepanjangannya memang ditujukan untuk calon mahasiswa yang menyandang disabilitas. Terdapat beberapa persyaratan khusus untuk bisa masuk lewat jalur ini, dan perlu diperhatikan sebelum mendaftar.
  6. SAP UBSAP
    memiliki kepanjangan Seleksi Alih Program, sehingga jalur pendaftaran ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah setelah menyelesaikan S1 maupun D3 sebelumnya.
  7. SPMV UB
    SPMV atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Vokasi yang merupakan
0 / 5

Your page rank: