KULIAH TEKNIK SIPIL

KULIAH TEKNIK SIPIL

Pinterin

5 Hal Menarik Tentang Jurusan Teknik Sipil

Kuliah Teknik sipil merupakan cabang ilmu yang luas. Ada banyak hal yang bisa dipelajari. Didalam Jurusan teknik sipil, Anda akan mempelajari tentang cara merancang, membangun, merenovasi gedung, infrastruktur, dan segala hal yang mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Jadi, ilmu didalam teknik sipil selalu berkembang sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia itu sendiri. Ilmu teknik sipil dibutuhkan di dunia militer untuk membangun pertahanan, benteng, pos pos militer, jalan, jembatan, dan yang lainnya.

Fakta Menarik Jurusan Teknik Sipil

1. Belajar Infrastruktur Secara Luas

Selama masa kuliah, mahasiswa Jurusan teknik sipil dibekali cara menciptakan bangunan dan infrastruktur yang kokoh dan juga tahan dari berbagai faktor alam. Infrastruktur yang dimaksud di antaranya seperti jalan tol, jembatan, rel kereta api, pelabuhan, bandara, bangunan tinggi, drainase perkotaan, sarana transportasi dan lain sebagainya.

2. Berperan Penting Dalam Pembangunan Negara

Infrastruktur merupakan roda pertumbuhan ekonomi bagi negara. Kenapa? Karena, dari alokasi pembiayaan publik dan swasta, infrastruktur dipandang sebagai lokomotif pembangunan nasional dan juga daerah.

Jadi, secara ekonomi ketersediaan jasa pelayanan infrastruktur bisa juga mempengaruhi marginal productivity of private capital. Artinya, ketersediaan layanan dan infrastruktur yang baik di suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi dan produktivitas masyarakatnya.

3. Prospek Kerja Luas

Jurusan Teknik Sipil mempunyai cakupan pembelajaran seperti struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, rekayasa pengairan, transportasi, dan lain-lain. Jika kita lihat dari perekonomian negara Indonesia yang masih berkembang, pembangunan terus berlangsung dalam jangka panjang.

Sehingga jika Anda mengambil Jurusan Teknik Sipil, maka tidak perlu khawatir akan peluang kerja. Sejauh Anda telah memiliki kompetensi dan kualitas keahlian dalam bidang ini, Anda pun bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang.

4. Beda dengan teknik arsitektur

Jurusan Teknik Sipil berbeda dengan Teknik arsitektur. Walau, secara umum kedua jurusan ini sama-sama mempelajari cara membangun gedung. Namun, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Dimana Jurusan Teknik sipil mempelajari cara membuat struktur bangunan yang kokoh dan ekonomis. Sementara, Jurusan Arsitektur lebih berfokus pada desain bangunan yang menarik dan juga fungsional.

5. Memahami Dampak Pembangunan Terhadap Lingkungan

Lebih lanjut lagi, jika Anda kuliah di Jurusan Teknik Sipil, maka Anda akan memahami dampak pembangunan terhadap lingkungan. Hal ini nantinya akan dijelaskan dalam mata kuliah Hidrologi, Manajemen Sumberdaya Air, Drainase dan Sanitasi Lingkungan, Mekanika Tanah, Irigasi dan Bangunan Air, Teknik Penyehatan dan Lingkungan, Pemindahan Tanah Mekanis, dan lain sebagainya,