Kampus Pilihan Teknik Pengairan

Pinterin

Kampus Teknik Pengairan Terfavorit

Saat ini, baru ada dua kampus yang menyelenggarakan program pendidikan Teknik Pengairan di Indonesia, yaitu:

Planner Kuliah Jurusan Teknik Pengairan

Daily Planner Kuliah Jurusan Teknik Pengairan | Test SNMPTN-SBMPTN-UTBK

Cek di Shopee Diskonnya
  1. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan Teknik Pengairan dibuka secara resmi pada tahun 1976 dan berakreditasi A, menjadi salah satu dari enam jurusan dan dua prodi di Fakultas Teknik kampus UB. Berlokasi di Malang, Jawa Timur, jumlah daya tampung yang disediakan di jurusan ini sejumlah 64 orang, dimana tercatat peminatnya ada 554 orang pada tahun 2019.

  1. Institute Teknologi Bandung (ITB)

Di ITB, jurusan ini dikenal dengan nama Prodi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (TPSDA). Pelaksanaan perkuliahan ada di dua lokasi yaitu kampus Ganesha di Bandung dan kampus Jatinangor di Sumedang. Selain menyandang akreditas B dari Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air ITB juga telah memperoleh akreditasi skala internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) / American Academy of Water Resources Engineers (AAWRE). Daya tampungnya sendiri sejumlah 32 orang, dengan peminat sekitar 843 orang.

Jurusan Teknik Pengairan
Program Studi Pengairan juga dikenal dengan Teknik Sumberdaya Air. Sesuai namanya, maka bidang ilmu teknik ini akan berfokus pada pemanfaatan sumberdaya air. Mahasiswa akan mempelajari berbagai bentuk bangunan air seperti pembangkit listrik tenaga air, drainase, irigasi, waduk dan lainnya, mulai dar…