Alasan Memilih Jurusan Teknik Pengairan

Pinterin

Kenapa Memilih Jurusan Teknik Pengairan

Planner Kuliah Jurusan Teknik Pengairan

Daily Planner Kuliah Jurusan Teknik Pengairan | Test SNMPTN-SBMPTN-UTBK

Miliki Sekarang

Ada beberapa alasan mengapa jurusan teknik pengairan bisa jadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi:

  1. Program Pendidikan Teknik Pengairan masih langka. Belum banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakannya di Indonesia.
  2. Saingan lulusan sedikit, sedangkan tenaga ahli yang menguasai teknik sumber daya air sangat tinggi.
  3. Kampus yang menyelenggarakan prodi teknik pengairan telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan AUN-QA (ASEAN University Network Quality Assurance)
  4. Hampir mirip Teknik Sipil yang mempelajari struktur, jalan, geoteknik, manajemen konstruksi dan transportasi. Bedanya, teknik Pengairan fokusnya adalah konsentrasl Sumber Daya Air.
  5. Semua materi yang diajarkan bertujuan untuk menghadirkan solusi efektif dan efisien terhadap permasalahan keairan yang ada.

Prospek Kerja

Lulusan teknik pengairan memiliki prospek kerja luas. Sebagaimana keahliannya yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya air, sarjana prodi ini bisa berkarir di:

  1. Instansi Pemerintah, misalnya dibawah naungan kementrian pekerjaan umum, dinas lingkungan hidup, dinas pertanian, dinas pengairan daerah dan sebagainya.
  2. BUMN, tentunya yang memiliki usaha berkaitan dengan sumber daya air, seperti PLN pada penggarapan PLTA atau pembangkit listrik mikrohidro dan tentu saja PDAM.
  3. Perusahaan Kontraktor, baik milik pemerintah maupun swasta.
  4. Instansi pendidikan, sebagai dosen di perguruan tinggi dengan syarat telah mengambil jenjang pendidikan Magister atau S2.
Jurusan Teknik Pengairan
Program Studi Pengairan juga dikenal dengan Teknik Sumberdaya Air. Sesuai namanya, maka bidang ilmu teknik ini akan berfokus pada pemanfaatan sumberdaya air. Mahasiswa akan mempelajari berbagai bentuk bangunan air seperti pembangkit listrik tenaga air, drainase, irigasi, waduk dan lainnya, mulai dar…