Alasan Memilih Jurusan Teknik Penerbangan

Pinterin

Kenapa Memilih Jurusan Teknik Penerbangan

Mimpi membuat pesawat terbang bisa dimiliki oleh siapa saja. Berikut beberapa alasan pendukung mengapa akhirnya memilih jurusan Teknik Penerbangan sangatlah tepat:

Planner Kuliah Jurusan Teknik Penerbangan

Daily Planner Kuliah Jurusan Teknik Penerbangan | Test SNMPTN-SBMPTN-UTBK

Miliki Sekarang
  1. Perkembangan dunia penerbangan di seluruh dunia sangatlah pesat. Angka permintaan ketersediaan ahli dalam bidang aviasi terus meningkat, terlebih tingginya harapan akan adanya pesawat yang aman dan nyaman untuk terbang. Selain bagian pembuatan, tenaga ahli yang umumnya berasal dari program pendidikan Teknik Penerbangan juga dibutuhkan di bagian perawatan dan perbaikan. Sebagai contoh, PT Garuda Indonesia yang membutuhkan setidaknya 300 hingga 400 orang teknisi dan engineer setiap tahunnya.
  2. Belajar kedirgantaraan tanpa menjadi pilot atau mendaftar akademi angkatan udara sangat mungkin. Sudah banyak kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Aeronautika. Jadi, tidak harus keluar negeri untuk bisa menjadi ahli penerbangan seperti BJ Habibie, Bapak Dirgantara Indonesia.
  3. Kesempatan mengembangkan diri melalui jalinan relasi baik di dalam maupun luar negeri dalam hal kedirgantaraan sangat luas. Banyak kampus yang sudah memiliki hubungan dengan organisasi-organisasi nasional dan internasional dimana bisa juga memberikan peluang para mahasiswanya untuk terus mengupdate dan memantau perkembangan teknologi serta regulasi terkait bidang penerbangan.

Prospek Kerja

Bagi sebagian besar masyarakat, pesawat terbang masih tergolong sebagai kendaraan umum mewah. Mereka kesulitan untuk menggunakan fasilitas tersebut karena harga tiketnya mahal. Maka dari itu perusahaan-perusahaan aviasi berlomba-lomba menciptakan low cost carrier atau pesawat dengan ongkos rendah agar bisa menjadi alat transportasi yang dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Di sinilah para ahli aeronautika dibutuhkan, apalagi Indonesia belum bisa menciptakan pesawat sendiri.  Selain di bidang manufaktur seperti PT Dirgantara Indonesia, bidang lain yang memerlukan lulusan Teknik Penerbangan yaitu Industri Jasa perawatan Pesawat, Maskapai Penerbangan, Industri Telekomunikasi dan Departemen Perhubungan Udara.

Jurusan Teknik Penerbangan
Teknik Penerbangan dikenal pula dengan sebutan Aeronautika. Program studi ini sangat erat kaitannya dengan kedirgantaraan, dimana mahasiswa akan mempelajari bagaimana merancang, membuat dan mengoperasikan pesawat dan wahana antariksa lainnya. bukan hanya pesawat komersil, ilmu pengetahuan di jurusan…